Konser Amal Onliner Jogja

Sejak Januari lalu, beberapa onliner seperti Fajar dan Ryan punya ide mengadakan penggalangan dana untuk pengungsi Sinabung dan Kelud. Beberapa onliner kemudian menyatakan akan membantu pelaksanaannya. Setelah ngobrol dengan band-band pengisi acara, acara akan jalan tanggal 28 Februari.
Persiapan acara baru mulai minggu terakhir. Kumpul mingguan tiap rabu berubah menjadi rapat koordinasi. Kami membuat daftar hal apa saja yang belum kita kerjakan dan barang apa saja yang belum ada. Kami baru sadar kalau belum menghubungi peminjaman LCD, belum ada MC, bahkan, kami belum tahu di mana harus meminjam tikar!

Seminar Online
Hari Kamis akhirnya jadi hari sibuk dan penuh mondar-mandir. Beberapa barang bahkan baru ada hari Jumatnya. Waktu hari H, jam dua siang di lokasi baru ada beberapa orang blogger. Kami sempat panik karena sebelumnya hujan sangat deras. Ratusan orang konfirmasi untuk hadir di undangan online yang kami sebar sepertinya tidak mungkin datang.

Acara baru mulai pukul empat lebih. Molor satu jam lebih dari jadwal. Sesi pertama isinya seminar online. Iwan memulai dengan presentasi tentang perbedaan antara facebook fanpages dan profil. Saya jadi ingat waktu kenal Iwan beberapa tahun lalu. Dulu dia cenderung pemalu saat berada di tengah orang asing. Sekarang, Iwan sepertinya mulai merasa nyaman berbicara di muka umum. Peserta mulai berdatangan sekitar jam 5an. Jeanot kemudian mengisi seminar kedua. Ia bercerita tentang logaritma google. Ia dan para praktisi seo selama ini menebak perhitungan Google supaya web atau blognya ada di halaman pertama google. Jeanot menyisipkan ajakan untuk bergabung di Komunitas Blogger Jogja. Ia promosi kalau kami punya pertemuan tidak resmi tiap rabu. Siapa saja yang ingin belajar tentang blogging bisa bertukar ilmu dengan blogger lain.

Acara berhenti sebentar saat magrib. Tadinya, Lulu Rahardi, teman yang penyiar, mau menemani  saya untuk jadi MC. Entah kenapa tiba-tiba dia nyuruh saya ngemsi sendirian. Lucunya, dia protes sama wajah saya yang polos tanpa make-up. Mbak Lulu kemudian mengeluarkan kosmetiknya dan mulai mendandani saya. Sekitar jam 7an, Kak Iko dan teman-temannya tampil. Mereka menyanyikan lagu-lagu untuk anak. Beberapa ciptaan mereka. Saya langsung tanya bagaimana cara menghubungi dia. Sepertinya kalau nanti pegiat literasi Jogja mengadakan acara anak, ia bisa diajak bergabung.

Foto bareng Jikustik, LaQuena, Kak Iko

Penampilan kedua dari LaQuena. Saya baru tahu arti nama tadi pekik kemenangan. Tanggal 28 Februari kemarin mereka berulang tahun yang kedua. Lagunya asyik. Saya yang belum pernah dengar lagunya saja bisa menikmatinya.  Ada lagu judulnya “Sendiri dulu” dan “Lady rocker”. Dua lagu tadi temanya tentang move on. Saya sih nangkepnya kalau pun barusan putus, dunia masih bersinar. Masih ada banyak hal buat dikerjakan daripada meratapi nasib. Di sini la Quena menyumbang 5 keping CD audio yang dilelang. Hasilnya akan ditambahkan ke sumbangan. Penonton ikutan nyanyi waktu mereka menutup penampilannya dengan lagu dari Iwan Fals.
Konser amal ditutup oleh penampilan dari Jikustik. Vokalisnya bilang mereka baru akan menyanyi setelah kotak sumbangan muter dan ada yang mengisi. Horee.. Beberapa orang menyumbang lagi. Asik lo duduk di kursi depan pas mereka main. Berasa kaya dinyanyiin lagu. Jikustik menutup penampilannya dengan lagu “Selamat malam”. Penonton pada ikutan nyanyi dan meminta lagu lain. Sayang, konser mininya harus selesai.

Seusai acara, kami beres-beres dan menggulung tikar. Capek tapi senang. Sebelum pulang, kami sempat berkumpul untuk toss bareng.  Jadi, kapan lagi kita bikin acara amal? Dengan persiapan yang lebih matang supaya ada banyak orang ikut bergembira?

Foto dokumentasi Komunitas Blogger Jogja

One thought on “Konser Amal Onliner Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s