Suatu Kamis di Joglo Abang

Kamis, 12 April lalu blogger-blogger di Jogja berkumpul di Joglo Abang. Ada acara ngobrol-ngobrol seputaran dunia digital yang diadain sama IBN dan XL. Kegiatan masih jadi satu dengan rangkaian peresmian BTS XL yang sudah lebih dari 30.000.

Lagi-lagi, di sini saya jadi mc dadakan. Waktu sesi pertama, Pak Roger, Pak Indra, Mas Bimo, dan Mas Rendra ngasih presentasi tentang XL. Mulai dari tarif khusus yang XL berikan buat komunitas, layanan data, sampai Hotrod 3G+.

Habis itu ada Handri Pangestiaji, pendirinya situs pencari usaha jasa www.promoote.com Di situs tadi, kita bisa nyari jasa-jasa seperti laundry, guru les privat, sampai tukang sedot wc berdasar lokasi. Untuk sementara, data situsnya masih di seputaran Jakarta. Handri ini cerita pengalamannya bikin usaha digital dan dapat investor. Dia bilang, memulai usaha di bidang jasa cenderung lebih mudah untuk dilakukan. Karena hal tadi bisa dimulai dari hobi. Trus modalnya juga relatif lebih sedikit daripada dagang. Selain itu, usaha jasa bisa diawali tanpa punya infrastruktur seperti toko atau mobil. Dan, ide buat bikin usaha ini cukup dari peka sama hal-hal yang ada di sekitar kita aja. Dulu, Handri kepikiran bikin promoote gara-gara kesulitan nyari pembantu.

Lalu ada Daeng Ipul dari Makasar. Dia nanti yang akan jadi Ketua Panitia Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makasar. Sebelum presentasi tentang rencananya, Daeng Ipul cerita tentang Kota Makasar sambil ngelihatin foto-foto. Dia, dan blogger-blogger di Makasar pengen nunjukin kalau kota tadi isinya bukan cuma tukang demo dan tawur aja. Berhubung kalau acara Kopdar isinya diskusi berhari-hari di ruangan itu membosankan, bakal ada acara jalan-jalan ke pulau kecil deket makasar oi. Yang pengen ikut, acaranya masih bulan November kok, jadi masih ada 7 bulan buat nabung buat beli tiket.

Mas Suryaden dan Mas Yossy habis itu cerita tentang http://festivaljadul.desamembangun.or.id/

Acara yang diadain nanti tanggal 2 sampai 5 Juni 2012 ini jadi ajang tempat berkumpulnya desa-desa di kawasan Jawa Selatan. Selama ini, daerah tersebut lebih miskin. Infrastruktur dan fasilitas kesehatan juga pendidikan di selatan Jawa cenderung kalah jauh jika dibandingkan dengan daerah Utara. Tapi ternyata, ada desa-desa yang melek IT. Mereka berusaha memakai pengelolaan informasi untuk memajukan desanya. Ada yang pernah dapat penghargaan internasional juga lo. Buat teman-teman yang peduli dengan desa, gabung yuk di festivalnya? Cara paling sederhana buat ambil bagian adalah dengan datang dan cerita tentang acara ini. Mau bantuin saweran buat acaranya juga boleh banget. Di web tadi ada kontak orang-orang yang bisa dihubungi kok.

Sebelum acara berakhir, Mbak Rika dari IBN cerita tentang rencana pengembangan IBN. Dia juga bilang kalau Indonesia itu pasar IT yang besar. Kata Mbak Rika, anggaran iklan untuk dunia digital di Indonesia tu sekitar 1,5 juta dolar. Dan, baru 5% yang terserap. Artinya, masih banyak peluang buat dapat pendapatan dari internet dan kawan-kawannya. Kalau untuk IBN sendiri, setelah tahun lalu dapat tambahan dana dari East Ventures, mereka sempat didatangi 8 ventures internasional lain yang tertarik buat kerjasama.

Ps: Foto-foto ini ngopi punya Mas Suryaden. Saya kemarin nggak sempat ngambil foto

19 thoughts on “Suatu Kamis di Joglo Abang

  1. sebentar2… saya harus mencari 8 titik perbedaan antara foto 1 dan foto 3…..
    eniwe… surprisingly … ada desa2 melek IT! ini bener2 kejutan.
    lhah… iya to.. orang yg ngakunya tinggal di pusat kota dan segala fasilitas yg ada saja selalu bilang (entah pamer atau beneran): ‘aku gaptek’
    rasanya pengen kita sorakin: ‘huuuuu…!’

    semoga teknologi ini bener2 bisa nyampe ke seluruh desa seperti di Jepang!

  2. Kegiatan di Joglo Abang, sangat positif. Semoga menular ke daerah lain. Trims infonya yang bagus. Salam kenal buat semuanya, teman-teman di Yogya. Maju terus, selamat dan sukses buat semuanya saja. Numpang lewat ya, kalau sempat, kunjungi balik ke websiteku.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s