Lelang Buku GRI Jogja di Pesta Buku

Sekitar sepuluh hari sebelum acara, saya dapat sms dari kenalan saya, Mas Yusuf. Dia nawarin temen-temen GRI Jogja buat kopdaran di Pesta Buku Jogja. Ternyata, teman-teman GRI Jogja pada seneng kalau kita punya acara lagi. Muncul ide untuk swap atau barter buku. Berhubung waktu yang dibutuhkan buat swap cuma dikit dan waktu kita di Pesta Buku sekitar satu jam, Ken Terate ngusulin buat ngadain kuis dan lelang buku.

Sabtu sore itu Wanitatama ramai dengan pengunjung yang lihat-lihat buku (ya iyalah, namanya juga pameran buku :P) Ken Terate ternyata datang bawa bayinya, Angger, jadi nggak mungkin bawain kuisnya. tiba-tiba bilang dia tu dateng buat momong bayi, jadilah saya dan Niken Anggrek yang bawain kuis sekalian ngemc.

Awalnya sih kami sempat bingung juga, sebelum acara kan saya cuma menawarkan diri jadi MC. Niken Anggrek apalagi, dia kan datang untuk jadi penggembira, tahu-tahu disuruh maju. Berhubung rada banci tampil, ya udah kami sok cuek. Jadi, kami mulai dari bagi-bagi buku dari panitia. Yang pertama buku tebel tentang Rahwana. Nah, pengunjung yang mau dapat buku ini harus maju sambil cerita tentang buku favorit yang mengubah hidupnya. Ada mbak-mbak berkerudung maju, lupa namanya karena ada banyak nama baru😀 Dia cerita kalau ngefans banget sama buku Laskar Pelangi dan gimana buku tadi penuh dengan tokoh-tokoh yang perjuangan hidupnya inspiratif. Buku kedua yang dibagiin adalah Para Pemuja Matahari karya saya😀

Habis itu kami bagi-bagi kaos dari bukunya Mbak Tita yang judulnya Tales from The Road. Caranya, ada beberapa orang yang mau kaus tadi di suruh maju. Trus kami naruh beberapa buah buku di kantong. Peserta pada disuruh nebak, yang jawabannya betul atau mendekati boleh ngedapetin kausnya. Aslinya, saya punya pertanyaan lebih nggak mutu lagi. Di kaus tadi kan ada foto sepatu Mbak Tita. Nah, saya tadinya pengen Mbak Tita maju dan minta peserta nebak ukuran sepatunya.😛

Semakin lama, acaranya tambah ramai. Peserta dah nggak malu-malu lagi buat maju dan nyoba keberuntungan buat dapet buku gratisan. Kami juga dapet sumbangan paket bukunya Stilleto yang isinya novel sama kumpulan cerita buat cewek. Uniknya (atau anehnya?), tiga orang yang maju buat ngerebutin buku tadi cowok semua. Oh iya, setiap orang yang bisa ngedapetin hadiah, wajib ngasih pidato kemenangan. Kayaknya, demam Syahrini di mana-mana deh. Rata-rata pemenang mengucap kata: Alhamdulilah, yah.

Trus di tengah-tengah acara, tahu-tahu Mas Yusuf bawa setumpuk buku dari Distributor Diandra buat hadiah. Horeee… jadi ada banyak yang bisa dibagiin nih. Soalnya rata-rata disuruh nebak jumlah halaman buku. Nah, yang paling mendekati benar, boleh memiliki bukunya.

Habis bosen tebak-tebakan jumlah buku. Kita bikin acara lelang buku. Harganya dimulai dari angka limaratus rupiah. Trus penawar berikutnya boleh nambah dengan harga kelipatan seratus. Buku pertama dilelang dengan waktu dua menit. Seru. Pada sahut-sahutan nawarnya dan banyak peserta yang engga cuma sekali ngajuin penawaran. Buku pertama dilepas dengan harga dua belas ribu rupiah. Waktu lelang kedua, saat biasanya orang menaikkan harga per seratus rupiah. Tiba-tiba aja ada peserta nawar dua puluh ribu. Berhubung nggak ada lagi yang nawar lebih tinggi, ya sudah, kami minta mas tadi maju buat ngasih pidato kemenangan. Kayaknya tu mas-mas diisengi temannya. Yang neriakin harga dua puluh ribu tu temennya dan maksa dia buat maju. Berhubung dia penawar tertinggi hari ini, jadi kami ngasih kehormatan buat foto bareng.

Berhubung waktunya sudahhampir habis, kami kemudian barter buku. Semua buku yang mau ditukar dijejer di panggung. Peserta yang bawa buku berdiri membelakangi buku dan jalan memutar. Pas jurinya bilang kita boleh ambil buku, langsung deh pada rebutan. Ahh… nyesel deh cuma bawa dua buku buat dibarter karena ternyata ada beberapa buku yang saya pengen punya.

Sebelum pulang, kita makan-makan, ditraktir sama Bang David yang barusan pendadaran. Horee…

Ps: foto2 ini dapet dari kameranya Ibu Iyut. Makasih

26 thoughts on “Lelang Buku GRI Jogja di Pesta Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s