Satu hari Menonton Para Games di Solo

Hari Minggu, 18 Desember kemarin, rombongan dari Komunitas Blogger Jogja pergi beramai-ramai ke Solo. Yeah, kami mau jalan bareng sembari meliput ASEAN Para Games (APG). Buat yang belum tahu, APG itu kompetisi olahraga dua tahunan khusus untuk atlet difabel (saya lebih suka kata ini daripada frase “penyandang cacat” yang kedengarannya ngerendahin). Acara yang diikuti oleh sebelas negara anggota ASEAN ini diadakan setelah SEA Games di negara yang sama. Kali ini, APG diadakan di Kota Solo dari tanggal 12 hingga 22 Desember 2011.

Kami sampai di Stadion Manahan yang jadi salah satu lokasi pertandingan pukul 10 lebih. Teman-teman, seperti biasa, sebelum nyari lokasi heboh foto-foto dulu. Habis itu, kami nonton pertandingan atletik. Ternyata, kami datang kesiangan. Pertandingannya dah mulai dari tadi. Sekarang tinggal buntutnya, dan banyak penonton yang udah pada pulang.

Waktu pertandingan kedua, saya dan beberapa teman memutuskan untuk melihat pertandingan lain. Akhirnya kami milih untuk lihat pertandingan angkat beban yang lokasinya dekat dengan Stadiun Manahan. Kami sempat muter-muter untuk nyari jalan keluar. Berhubung jalan tembusnya ditutup, dan terlalu jauh kalau jalan kaki ke pintu depan stadiun, kami milih untuk loncat lewat jendela bangunan mirip gardu ronda.😀

Kami sampai di gedung pertandingan sekitar jam dua lebih. Kursi di sana lumayan penuh. Uniknya, di sini kursi roda bertebaran di mana-mana. Sambil nunggu pertandingan yang dimulai jam 3, saya ngobrol sama Arawan, alet putri dari Thailand. Mbaknya ramah banget, meski dia bilang Bahasa Inggrisnya nggak bagus, dia berusaha ngejawab pertanyaan-pertanyaan saya. Yah, meski banyak dijawab dengan senyuman karena keterbatasan Bahasa Inggrisnya. Setidaknya yang bisa saya tangkap kira-kira begini: Arawan kenal dengan olahraga angkat besi sekitar delapan tahun yang lalu. Dia tertarik dengan olahraga ini karena selain dapet banyak teman, dia juga merasa lebih kuat. Selama ini, karena dia nggak bisa jalan sejak lahir, orang-orang di sekelilingnya nganggep dia lemah.

Waktu Arawan cerita tentang kerjaannya yang jadi wiraswasta karena susah buat kerja di bidang formal, saya teringat cerita teman yang tuna netra. Namanya Melisa. Dia pernah mengalami kesulitan nyari sekolah karena tuna netra. Sekolah-sekolah umum pada nggak mau nerima murid yang beda. Mamanya kekeuh nggak mau masukin Melisa ke SLB karena takut nanti anaknya akan berakhir jadi tukang pijat atau pembuat kerajinan tangan. Mamanya Melisa sampai nemuin satu per satu kepala sekolah. Tanya, apakah mereka mau nerima anaknya. Akhirnya, Melisa diterima di sebuah sekolah umum. Masalah nggak selesai di sini, orang tua murid nggak mau anaknya sekelas sama seorang tuna netra. Dia dituduh memperlambat proses belajar-mengajar. Meski akhirnya nilai Melisa diatas rata-rata teman sekelasnya (yeah dia berusaha keras untuk itu), tetep aja ada khekawatiran dari orangtua murid.

Saya pernah ngelihat langsung Melisa didiskriminasi. Karena Bahasa Inggris Melisa bagus, saya minta tolong untuk menerjemahkan sebuah laporan. Saat tahu penerjemahnya tuna netra, seorang rekan sekantor saya langsung nggak percaya kemampuannya. Tanpa melihat latar belakang pekerjaan dan hasil terjemahan Melisa, rekan kantor tadi langsung menghakimi pasti bakal ada banyak kesalahan. Tega ya? Dan kejadian seperti ini sepertinya hal yang umum terjadi. Ada banyak difabel yang langsung dianggap lemah dan tidak kompeten melakukan sesuatu karena mereka engga punya anggota tubuh yang lengkap. Picik banget kan?

Selama nunggu pertandingan, saya juga sempat ngobrol dengan Zulkifly, ketua National Paralympic Committee (yayasan untuk atlet difabel) di Sumatera Utara. Bapak yang dulu mantan atlet panahan ini cerita kalau acara-acara semacam Para Games ini bikin banyak difabel jadi kenal dunia luar. Dia yang tangan kirinya nggak utuh jadi bisa berkunjung ke banyak tempat di Indonesia dan pernah juga ke Korea karena jadi atlet olahraga panahan. Kata Pak Zulkifly, ada banyak orang difabel yang kebanyakan tinggal di rumah karena selain mereka punya mobilitas terbatas, keluarganya banyak yang ngelarang mereka keluar-keluar karena takut kalau kejadian apa-apa. Mereka dianggap lebih lemah.

Pak Zulkifli juga cerita kalau nggak mudah untuk ngajak seorang difabel untuk jadi atlet. Banyak yang minder ketemu dengan orang-orang yang “normal”. Mereka harus punya motivasi sendiri, seperti pengen punya banyak teman, pengen lihat dunia, supaya sungguh-sungguh berlatih. Tapi, setelah seorang difabel menjadi atlet apalagi memenangkan sebuah pertandingan, dia akan menjadi lebih percaya diri.

Pas jam 3, acara dimulai. Atlet-atlet angkat beban pada baris di depan penonton. Saya hampir nangis waktu lihat sebagian besar atlet ini pakai kursi roda. Tiba-tiba saya merasa beruntung, punya dua kaki yang lengkap yang bisa bawa saya jalan-jalan ke tempat sulit.

Saya salut sama mereka yang masih tetap bertanding dan punya prestasi. Padahal untuk naik ke panggung aja, mereka harus pakai kursi roda dan didorong orang lain. Tiap kali ada seorang atlet maju, saya tepuk tangan keras-keras. Saya nggak peduli mereka berhasil angkat beban atau gagal, saya tetap tepuk tangan. Bagi saya, mereka bisa ada di panggung tadi untuk bertanding sudah merupakan hal yang hebat.

39 thoughts on “Satu hari Menonton Para Games di Solo

  1. Mba Lutfi, thanks for postingannya🙂 Sayang saya ga bisa ikutan karena tau sendiri ‘kan daku ga bisa dan ga boleh pergi sendirian hehehehe… Daku baru ngeh tentang Para Games ini karena waktu Kopdar KBJ bulan Nov yg lalu Pak Suryaden pernah nanya ke saya ttg keikutsertaan acara ini. Saya jawab ga ikutan karena emang seumur2 saya ga pernah ikutan acara2 olahraganya temen2 difabel🙂

  2. yups setuju banget dengan psotingan mba lufti, tapi menurut saya seorang difabel menjadi atlet apalagi memenangkan sebuah pertandingan, dia akan menjadi lebih percaya diri itu kurang pas mba, karena rasa percaya diri dari seorang yang difabel tidak datang dari karna dia seorang atlit apalgi sebagai pemenang, Rasa percaya diri mereka datang jika orang disekitarnya menganggap dan memandang mereka, bukan dijauhin. Ini menurut saya loh mba, karna hal ini menurut saya hampir sama dengan yang dialami ODS [Orang Dengan Skizofrenia]. Mereka kurang diterima dimasyarakat, jangan dimasyarakat, di keluarga aja merka tidak dipandang/dihargai, malahan ada beberapa {tidak semua} keluarga yang mengaangap kalau memiliki anggota keluarga yang seperti ini (difable,ODS,berpenyakititan) merupakan Aib keluarga.

    nb; Ini menurut saya, dan hanya pernyataan dari saya mba, kalo saya salah mohon dikoreksi. (,”)

  3. Setuju nih sama mbak Lutfi, dengan event APG seperti ini akan menguatkan mental temen2 difabel.. Mereka bisa menunjukkan bahwa mereka bisa melakukan pekerajaan orang normal, bahkan bisa berprestasi lebih… Keterbatasan bukan menjadi kendala bagi mereka untuk meraih prestasi.. Suka nih dengan artikelnya…

  4. mbak mbak… itu yang loncat jendela gak jatuh kan???😀😛

    ya itu lah mbak manusia, kebanyakan dari mereka yang pertama dilihat adalah kekurangan atau keburukan seseorang apa lagi terhadap orang yang difabel, mereka terkadang lebih memandang sebelah mata orang2 yang seperti ini.

    Mungkin kita normal tapi bukan berarti kita yang normal itu lebih baik dari mereka yang difabel, ya toh.

    Oia, jadi mbak januari ke madura??? kalo jadi nanti aku sampaikan ke anak2 Plat-M mbak.😀 asal jangan diwaktu libur yach mbak.😀 soalnya takut banyak yang pulkam.😀 hehehehe…….

    ngbrolnya di twitt aja mbak. @loewyi😀

  5. Ping-balik: Berita Yang Terlewatkan « Komunitas Blogger Jogja

  6. Ping-balik: Difabel: Mereka Bisa, Kami Juga Harus Bisa! – Nugroho Dwis Sugiharto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s