Caleg (bukan) pilihanku

Beberapa waktu lalu seorang kenalan (panggil saja Lita) memperlihatkan kepada saya sticker sahabatnya yang menjadi caleg. Saya sempat kaget, setahu saya Bunga (ini bukan nama sebenarnya) sama sekali tidak pernah memiliki pengalaman di dunia politik. Kok bisa tiba-tiba namanya ada di daftar calon legislatif?

Saya mengamati lagi sticker tersebut. Di bagian bawahnya terpampang tulisan: ”Muda Berprestasi”. Wah, saya meragukan hal tersebut. Soal muda, dengan umur 22 tahun, saya yakin dia jauh lebih muda daripada caleg lainnya. Tapi berprestasi? Saya tidak terlalu yakin.

Seingat saya, Bunga hanya seorang mahasiswi biasa yang sama sekali tidak pernah memiliki kegiatan ekstrakulikuler apapun. Yang saya tahu, kegiatan diluar kuliahnya adalah dugem dan bermain bilyar. Seingat saya juga, ia belum pernah mendapat gelar “Miss Dugem” ataupun memenangkan sebuah pertandingan bilyar. Dan menurut cerita Lita, IPK Bunga dulu dibawah 3. Jadi ia juga bukan mahasiswi yang berprestasi secara akademis.

Yang saya dengar dari Lita, Bunga bisa ada di daftar caleg karena ayahnya bendahara partai tersebut. Dan katanya juga, Bunga sama sekali tidak tertarik untuk menjadi caleg. Sampai sekarang pun ia tidak menyiapkan rencana apabila nanti terpilih. Jika Bunga menang nanti, kursi anggota DPRD-nya akan ia jual ke calon lain.

Sampai saat ini Bunga dan keluarganya yakin mereka akan memenangkan pertaruhan ini. Mereka telah mengeluarkan entah berapa puluh juta untuk membuat banner, sticker, payung, dan berbagai jenis barang untuk dibagi-bagikan. Karena mereka mengharap bisa menjual kursi DPRD tersebut dengan nilai jauh lebih tinggi daripada uang yang sudah mereka keluarkan.

Saya jadi semakin malas untuk menggunakan hak pilih saya pada pemilu nanti. Saya masih ragu jika nanti caleg saat ini sudah berinvestasi pada alat-alat kampanye menang mereka tidak akan mengeruk keuntungan sebanyak mungkin.

 

One thought on “Caleg (bukan) pilihanku

  1. Suka politik juga ya mbak?

    Di detik com aku malah dianggap sebagai blogger politik, padahal aku hanya nulis beberapa postingan tentang politik.

    Ini tulisanku yang di detik com dianggap sebagai bukti bahwa blogku adalah blog politik
    http://eshape.blogdetik.com/2009/02/25/sukses-buat-capres-baru-deddy-naga-mizwar/

    Tulisan kotak permen ini kayaknya hanya bisa masuk di profil mbak Lutfi, tapi kalau masuk di home teman-teman bisa nggak ya?

    Tak lihat dulu ya

    Salam kompak selalu

Tinggalkan Balasan

